Pilih Halaman

Organisasi Pembinaan Atlet Gamers di Ende Resmi Dibentuk

oleh | 21 Mar,21 | Teknologi Informasi

Ende, Semarak News – Organisasi Esports Indonesia yang menjadi wadah bagi para atlet gamers telah resmi dilantik di Kabupaten Ende. Pelantikan tersebut berlangsung pada Sabtu sore (20/03/2021) di Aula Mautapaga dan dilantik secara virtual oleh Pengurus Esports Indonesia Provinsi NTT.

Sebelumnya, permainan elektronik atau biasa disebut video game, masih sebatas dianggap sebagai sarana menghabiskan waktu luang atau penyaluran hobi saja. Namun pada masa kini, permainan elektronik tersebut telah resmi dikategorikan sebagai suatu cabang olahraga prestasi oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), yang dikenal dengan Esports (Electronic Sports).

Indonesia sebagai salah satu negara besar memiliki pertumbuhan pasar dan pemain Esports yang sangat cepat. Hal tersebut diyakini mampu menjadi peluang baru serta dapat mendorong kemajuan industri game di tanah air. Di samping itu para atlet Esports Indonesia beberapa kali telah berhasil membuktikan kemampuannya di kancah internasional. Hal itu dibuktikan dengan raihan medali perak oleh Timnas Esports Indonesia pada SEA Games tahun 2019 untuk kategori game Mobile Legend dan AOV (Arena of Valor). Selain itu sebelumnya pada tahun 2017 perwakilan tim Esports Indonesia juga berhasil keluar sebagai juara pada Point Blank Internasional Cup mengalahkan tim asal Rusia dan Brazil.

“Berangkat dari potensi – potensi besar tersebut, maka berdirilah organisasi Esports Indonesia atau disingkat ESI sebagai wadah organisasi resmi yang menaungi seluruh olahraga Esports di Indonesia,” ucap Ketua Harian Pengurus ESI Provinsi NTT Toni Angtariksa Dima saat memberikan kata sambutan secara virtual.

Baca Juga  Masyarakat Pedalaman Teluk Bintuni telah Melek Internet

Dirinya mengatakan bahwa pelantikan pengurus ESI Kabupaten Ende ini tentunya menjadi langkah awal untuk pengembangan olahraga Esports di Provinsi NTT. Peningkatan kualitas Esports di Provinsi NTT harus menjadi perhatian bersama para pengurus ESI di masing – masing kabupaten.

“Setelah dilantik jangan cuma diam – diam saja, tetapi kita harus saling berkoordinasi dan bekerjasama untuk bagaimana kita dapat memajukan Esports di NTT dan tentunya kita bisa menghasilkan bibit – bibit unggul untuk atlet Esports dari NTT yang berkelas nasional dan internasional,” ungkap Toni.

Sebagai satu – satunya organisasi resmi yang diakui pemerintah dalam menaungi olahraga Esports, dirinya meyakini bahwa ini adalah kesempatan bagi para pengurus ESI untuk terus menggali, berkarya dan berinovasi dalam pembinaan atlet – atlet Esports di Provinsi NTT. Toni yakin bahwa anak – anak muda di setiap daerah di NTT tidak kalah hebat dibanding dengan anak – anak dari provinsi lainnya.

“Pada PON (Pekan Olahraga Nasional) 2021 mendatang, Esports akan dipertandingkan secara eksibisi. Ini jadi  perhatian kita, jangan – jangan salah satu gamers dari NTT nanti bisa mewakili untuk ikut di PON 2021,” pungkasnya.

Baca Juga  “Bajalan”, Aplikasi Wisata Karya Anak Papua

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ende Muhammad Syahrir yang juga hadir dalam acara pelantikan virtual menyampaikan ucapan selamat kepada jajaran pengurus ESI Kabupaten Ende yang baru saja dilantik. Dirinya menyampaikan pesan agar jajaran ESI Kabupaten Ende segera melengkapi struktur pengurus yang masih kosong dan melengkapi dokumen administrasi lainnya sehingga bisa segera terdaftar di KONI Kabupaten Ende.

“Struktur kepengurusan dan administrasi lainnya harus segera dilengkapi agar nantinya bisa mudah terdaftar di KONI,” ucapnya.

Diakuinya bahwa pengetahuan tentang olahraga Esports merupakan hal yang baru baginya, namun demikian pihaknya siap untuk memberi dukungan selama untuk kebaikan prestasi para calon atlet di Kabupaten Ende.

“Mudah – mudahan dalam satu atau dua bulan ke depan ada kegiatan Rakor Dinas Pemuda dan Olahraga se-NTT di Kabupaten Manggarai Barat, kami coba angkat di Rakor agar ada perhatian juga ke depannya,” ungkapnya.

Ketua ESI Kabupaten Ende yang baru saja dilantik, Muhammad Anwar mengatakan bahwa dirinya bersama jajaran pengurus siap untuk menjadi wadah bagi para komunitas Esports di Kabupaten Ende.

“Kami ESI Kabupaten Ende siap mengembangkan olahraga Esports di bawah bimbingan ESI Provinsi NTT,” katanya.

Baca Juga  “Bajalan”, Aplikasi Wisata Karya Anak Papua

Dirinya mengatakan hal pertama yang akan dilakukan usai dilantik adalah melengkapi sebagian struktur pengurus yang masih kosong serta keperluan administrasi lainnya. Kemudian, pihaknya akan segera memperkenalkan organisasi ESI Kabupaten Ende khususnya kepada komunitas gamers yang ada di Kabupaten Ende.

“Setelah ini kami akan memperkenalkan diri kepada teman – teman di tim – tim gamers bahwa ESI ini adalah wadah dan tempat pembinaan bagi para gamers nantinya,” ucapnya.

Anwar juga mengharapkan dukungan terus dari Pemda Kabupaten Ende serta KONI agar ESI Kabupaten Ende bisa terus aktif dalam melakukan kegiatan ke depannya.

“Kami sampaikan apresiasi atas dukungan Pemda Kabupaten Ende melalui kehadiran Kadis Pemuda dan Olahraga pada hari ini. Selanjutnya kami akan terus berkoordinasi dan memohon dukungan Pemda serta KONI Kabupaten Ende untuk kelancaran kegiatan ke depannya,” jelas Anwar. Sebagai informasi bahwa pelantikan Pengurus ESI Kabupaten Ende dilakukan secara virtual dan serentak bersama 6 pengurus ESI kabupaten lainnya. Keenam daerah lainnya yang ikut dilantik yakni ESI Kabupaten Rote Ndao, ESI Kabupaten Sumba Timur, ESI Kabupaten Manggarai Barat, ESI Kabupaten Manggarai, ESI Kabupaten Alor dan ESI Kota Kupang. (RP)

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments