Pilih Halaman

Mengenang Rahayu Supanggah

oleh | 20 Des,20 | Hiburan

Jakarta, Semarak.News – Rahayu Supanggah adalah seorang komposer musik Jawa, musik kontemporer dunia dan sangat dikenal sebagai seorang maestro dan pelopor musik gamelan baru. Komposer kelahiran Boyolali 1949 ini telah berpulang pada tanggal 10 November 2020 lalu. Ia meninggalkan kepada kita lebih dari ratusan komposisi dan karya musik.

Rahayu Supanggah menggubah musik yang fenomenal untuk pentas teater karya Robert Wilson yaitu La Galigo, pentas musikal yang sukses menyambangi 9 negara dan 12 kota di dunia. Selain itu ia juga menciptakan musik untuk film Opera Jawa dan Setan Jawa karya Garin Nugroho. Gubahan yang terakhir malah membuat ia meraih penghargaan Best Composer dalam Asian Film Award 2007 dan Piala Citra 2006. Pengajar karawitan di ISI Surakarta dan Australia ini membuktikan sebuah gerak luwes ulang-alik antara musik tradisional dan musik, dunia akademis dan dunia.

Mengenang kiprah Rahayu Supanggah dalam dunia kesenian, Komunitas Salihara mengajak publik untuk mengikuti acara Mengenang Rahayu Supanggah. Acara ini berisi pertunjukan musik daring, diskusi dan rangkaian eulogi yang disampaikan oleh tokoh-tokoh yang mengenal Rahayu Supanggah secara dekat di dunia kesenian.

Baca Juga  Komunitas Salihara Kembali Selenggarakan Gelaran Helatari

Ada diskusi bersama Bersama Rustopo (Guru Besar Jurusan Karawitan ISI Surakarta) dan Marc Benamou Profesor Musik di Jurusan Musik Earlham College, Amerika Serikat) yang dimoderatori oleh Leilani Hermiasih alias Frau.

Di samping itu, ada pertunjukan musik oleh Setiawan Jayantoro dan cuplikan pertunjukan-pertunjukan dan film-film yang menggunakan karya-karya Rahayu Supanggah, baik seniman Indonesia maupun dunia. Tak ketinggalan Ong Keng Sen, Christopher J. Miller, Restu Imansari, Sumarsam, Peni Candrarini, Garin Nugroho, Alan Feinstein dan Endo Suanda akan memberikan eulogi mengenang Rahayu Supanggah. Mengenang Rahayu Supanggah dapat disaksikan di YouTube Komunitas Salihara Arts Center mulai hari ini hingga 27 Desember 2020. Rangkaian acara ini didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

*Siaran Pers dari Komunitas Salihara

Informasi lebih lanjut:
Muhammad Ridho | Email: ridho@salihara.org | Tel: 0822-2552-3959 | www.salihara.org

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments